Memeriksa kelonggaran katup pada engine - empat langkah modern adalah proses yang cukup mudah. Selama Anda menjaga semuanya bersih, ada sangat sedikit yang bisa salah. menyesuaikan kelonggaran katup melalui shims (jika sepeda Anda memiliki bucket dan sistem shim) lebih terlibat, tetapi tidak sesulit yang dipikirkan oleh banyak mekanik rumah. ketika teknologi tinggi, overhead cam memukul pasar dua dekade lalu, desain itu terkenal karena katup dan kursi yang cepat aus, yang berarti penyesuaian clearance yang teratur. pengenalan katup titanium dan bahan berteknologi tinggi lainnya berarti lebih sedikit keausan dan penyesuaian, namun merupakan ide bagus untuk memeriksa kelonggaran katup setelah sepeda Anda rusak, lalu setiap 10 hingga 20 jam, tergantung pada rekomendasi pabrik Anda.
Langkah-langkah memeriksa kelongaran Katup :
1. Bersihkan Area skitar kepala mesian
Sebelum memutar kunci pas, basuh sepeda Anda dengan baik karena kotoran sering jatuh ke kereta katup Anda setelah Anda melepas penutup katup pasti berakhir buruk. lepaskan semua perlengkapan (seperti klakson atau pipa), dan pindahkan kabel dan harness kabel ke samping sehingga Anda mendapatkan akses gratis ke penutup katup. Kemudian berikan seluruh area ledakan menyeluruh dengan udara untuk memastikan sepeda bersih, termasuk lubang busi.
2. Lepas Baut Penutup Katup
Lepaskan baut yang menahan penutup katup pada tempatnya dan ujung busi. Sekarang tarik penutup katup perlahan ke atas dan pasang penutup roda gigi waktu cam. itu sangat pas di sebagian besar sepeda, tetapi penutupnya dirancang untuk lepas dengan engine di dalam rangka. Pastikan Anda melepas gasket dari kepala juga. Tempatkan penutup dari area kerja.
3. Pusat Mati TOP
Untuk memeriksa kelonggaran katup, piston harus berada di top dead center (TDC). ini adalah titik dalam siklus di mana Cams tidak memberikan tekanan apa pun pada katup, kesenjangan yang dihasilkan antara keduanya adalah klirens klep. untuk memutar mesin untuk menemukan pusat mati atas, Anda harus melepaskan sumbat inspeksi untuk mendapatkan akses ke engkol dan lubang inspeksi di sisi sproket mesin. Periksa bilah sisi di atas halaman untuk penjelasan tentang menemukan pusat mati teratas.
4. Periksa Kelebihan
Istilah clearance valve menggambarkan celah antara cam (atau rocker pada Honda) dan bucket valve. Menggunakan sepasang pengukur feeler yang sempit, tentukan jarak bebas menggunakan trial and error dengan melihat pengukur mana yang dapat tergelincir di bawah cam dengan bebas. catat izin katup untuk semua katup pada selembar kertas, kemudian lihat bagian 'Melakukan Matematika' di atas halaman. Pada semua sepeda kecuali YZ450Fs mulai 2010 dan seterusnya, katup buang berada di depan dan katup masuk di bagian belakang. jika jarak bebasnya dalam toleransi, kencangkan sepeda Anda kembali dan berkuda.
5. Kendurkan Rantai Mesin
Jika kelonggaran katup Anda berada di luar toleransi yang ditetapkan oleh pabrikan Anda, Anda harus mengubah shims pada katup yang tidak sesuai spesifikasi. Untuk menghapus kamera untuk mengakses bucket dan shims, Anda harus melonggarkan rantai mesin. Sebagian besar sepeda menjalankan tensioner cam-chain otomatis. cukup lepaskan baut penutup, dan kemudian gunakan obeng untuk membuka pengencang sampai Anda merasakan bunyi klik dan rantai menjadi longgar.
6. Remove the CAM
Untuk menghapus camshafts, yang diperlukan untuk mengakses katup yang tidak sesuai spesifikasi, langkah pertama adalah menghapus jurnal. batalkan baut sesuai urutan yang direkomendasikan oleh pabrikan Anda untuk mencegah dudukan melengkung. Dua pin dowel menjaga agar cam dan holder jurnal tetap lurus, jadi pastikan Anda berhati-hati untuk meraihnya (atau mereka dapat dengan mudah jatuh ke dalam mesin). kemudian angkat cam keluar dari kursi untuk mengakses ember dan beling. Bungkus Cams dengan kapas saat keluar dari sepeda.
7. Rantai Waktu
Jika Anda hanya menyesuaikan katup di bawah satu camshaft (baik inlet atau exhaust, tetapi tidak keduanya), maka cukup ikat rantai timing ke gear cam cam yang tidak dilepas. jika Anda melepas kedua Cams, penting untuk tidak membiarkan rantai jatuh ke dalam selubung, jadi kencangkan sepotong kawat ikat di sekitar rantai dan tinggalkan ujung yang panjang sehingga Anda dapat mengamankan ke bingkai. Pilihan lain adalah dengan cukup meletakkan obeng di bawah rantai seperti yang ditunjukkan di sini.
8. Mengukur SHIM
Menggunakan sepasang jangka sorong, ukur shims untuk katup yang perlu penyesuaian. Karena Anda telah menuliskan izin sebelumnya, Anda akan menggunakan pengukuran Anda dari shim lama untuk menghitung shim baru yang diperlukan. pabrikan menggunakan shims dalam proses manufaktur untuk mengatasi varians toleransi dalam bucket, Cams, katup, dan head. Secara alami, tidak semua shims inlet atau exhaust akan sama.
9.Menginstal Shims
Setelah Anda mendapatkan shims yang tepat, saatnya untuk menginstal shims, bucket, cam, holder jurnal, rantai timing, dan penutup katup. pastikan Anda tetap mengajarkan rantai waktu dan memasangnya pada gigi cam yang benar, mengikuti instruksi pabrik Anda, sehingga Anda tidak salah menghitung waktu sepeda. Juga gunakan spesifikasi yang disarankan untuk mengencangkan tempat jurnal.
TEMUKAN PUSAT MATI TOP
Pusat mati atas adalah titik selama siklus mesin di mana piston berada pada bagian tertinggi dari langkahnya. sepeda yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk menemukan TDC, tetapi biasanya prosedurnya adalah menggunakan soket untuk memutar engkol berlawanan arah jarum jam (arah mesin yang benar) sampai penanda di roda gila berbaris dengan tanda di lubang inspeksi. pada titik ini, umumnya ada spidol pada setiap cam gear yang akan sejajar dengan bagian atas kepala. Jika penanda roda gila benar tetapi penanda roda gigi cam keluar, rantai timing Anda telah melar dan perlu diganti.
MELAKUKAN PENGUKURAN
Kelonggaran katup biasanya diukur dalam seperseratus milimeter. Di selembar kertas, gambar lingkaran yang mewakili setiap katup, dan jarak katup di atasnya. Dalam kasus kami, katup saluran masuk keluar dari toleransi pada 0,08mm, jadi kami melepas ember dan shim itu. shim berukuran 1,84 mm, atau 184 ratus, yang kami tulis di dalam lingkaran. Kami bertujuan untuk pembersihan 0,13mm, sebagai ujung atas dari spektrum toleransi, untuk memungkinkan pemakaian di masa depan. Ini berarti memilih shim 0,05 mm (0,13 mm - 0,08 mm) lebih kecil dari 184, menjadi 179.ulangi proses ini untuk setiap shim yang keluar dari toleransi.
Nah...Bagaimana pendapat anda ,yukk...kita sharing di kolom komentar ,karena sebuah pendapat bisa membuat kita lebih baik lagi.
Tks,
Kamus Singkat
Nah...Bagaimana pendapat anda ,yukk...kita sharing di kolom komentar ,karena sebuah pendapat bisa membuat kita lebih baik lagi.
Tks,
Kamus Singkat